Memilih Menu Sahur yang Sehat

Apa menu sahur yang Anda sukai..? Semangkuk mi instan..? Semangkuk bubur havermut..? Atau nasi plus lauk-pauk komplet..? Hmm..semuanya enak dan mengenyangkan. Namun, agar tubuh tetap bugar sepanjang hari selama berpuasa, ada baiknya cermati pilihan menu santap sahur Anda, berikut ini :

1. Pengganti sarapan: Santap sahur pada prinsipnya merupakan pengganti sarapan. Karena itu sangat penting dan tak boleh dilewatkan terlebih sepanjang hari tak ada makanan dan cairan yang bisa dikonsumsi. Karena itu menu sahur harus memiliki kecukupan nutrisi juga cairan. Menu komplet bisa berupa sumber karbohidrat seperti nasi, kentang atau mi dengan tambahan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) dan protein hewani (daging, unggas,seafood). Yang tak boleh tertinggal sayuran dan buah-buahan segar. Jika suka bisa ditambahkan susu kedelai, susu skim atau susu segar sebagai pelengkapnya.

2. Variasi Menu: Sumber nutrisi yang diperlukan tubuh tak harus diwujudkan dalam nasi plus lauk-pauk. Bisa berupa mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap. Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran. Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, serat dan mineral sebaiknya tambahkan selalu sayuran dan buah segar. Buah segar bisa dimakan sebagai buah potong atau buat jus bersama yoghurt atau susu atau jus segar tanpa tambahan gula. Agar kerja lambung tidak terlampau berat yang bisa berakibat badan lemas dan mengantuk, hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan. Kurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin.

3. Segar dan Hangat: Karena santap sahur dilakukan pada pagi buta, sebaiknya rangsang selera makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar. Untuk makanan yang memakai sayuran segar, sajikan sesaat akan disantap agar sayuran masih renyah dan kandungan vitamin serta mineralnya tetap awet. Demikian juga dengan buah-buahan segar. Untuk nasi dan lauk-pauk, sajikan dalam keadaan hangat atau panas agar lebih enak dan menarik selera makan. (KF-Koran Warga/v/detikhealth)
Sumber: Koran Facebool

0 komentar:

Post a Comment

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP